Selasa, 18 Oktober 2011

Soft Skill Assignment I

Apakah bahasa Indonesia dapat menjadi bahasa ilmu pengetahuan?



Untuk sekarang bahasa Indonesia belum bisa menjadi bahasa ilmu pengetahuan, karena pada kenyataannya bahasa Indonesia bukan bahasa Internasional dan lagi bahasa Indonesia belum mempunyai budaya yang cukup tua seperti bahasa ilmu pengetahuan yang sering digunakan contohnya : Bahasa latin dan Inggris. Namun tidak menutup kemungkinan di masa depan nanti bahasa Indonesia dapat dijadikan bahasa ilmu pengetahuan. Karena bahasa Indonesia yang sebenarnya adalah bahasa Indonesia yang baik, benar, jelas dan baku hanya saja banyak orang-orang yang menggunakan bahasa Indonesia dengan asal jeplak jadi sering terlihat aneh.
Bahasa Indonesia itu sebenarnya fleksibel dan tidak kaku pada bahasa yang sudah ada contoh : bahasa Jepang, bahasanya kaku dan jika dituliskan dengan bahasa lain penulisannya pun berbeda.  Sedangkan bahasa Indonesia dapat mengadopsi bahasa asing bahkan dewasa ini banyak penemuan kata-kata baru yang diadopsi dari bahasa asing, bahasa Indonesia juga sederhana tidak seperti bahasa Inggris, contoh : untuk menyebutkan ‘dia’ bahasa Inggris mempunyai dua kata “he” dan “she” untuk membedakan gender sedangkan bahasa Indonesia hanya satu.
Banyak orang yang tertarik belajar bahasa Indonesia karena Indonesia merupakan lahan bisnis dan tempat penelitian yang bagus dan baik, intinya adalah ilmu pengetahuan tidak dapat dibatasi oleh bahasa jadi mungkin saja suatu hari nanti bahasa Indonesia dapat menjadi bahasa Ilmu Pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar